Observasi Matematika

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Observasi adalah kegiatan pengamatan yang dilakukan dengan melihat secara langsung objek maupun sesuatu yang ingin diamati. Observasi dilakukan dengan cara mendatangi lokasi tempat objek atau sesuatu yang ingin diamati tersebut berada. Observasi yang kami lakukan yaitu mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Sekolah yang menjadi tujuan kami untuk melakukan kegiatan ini yaitu Sekolah Dasar Negeri 28 Pontianak Utara. Di Sekolah tersebut menerapkan dua buah kurikulum, yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia pada tahun 2013 dan SD Negeri 28 menjadi salah satu sekolah yang mendapatkan kesempatan untuk menerapkan kurikulum baru ini.

Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum 2006, kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran kepada peserta didik melalui kegiatan tematik, sehingga pada kurikulum 2013 ini, guru dianjurkan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan memadukan beberapa disiplin ilmu, sehingga didalam kegiatan belajar-mengajar ini siswa mendapatkan pengetahuan tidak hanya dari satu disiplin ilmu tetapi dari beberapa disiplin ilmu.
Sedangkan kurikulum 2006 menerapkan sistem pembelajaran dimana anak-anak hanya mendapatkan pengetahuan dari satu disiplin ilmu saja. Jadi , hal inilah yang membuat kami melakukan kegiatan observasi , karena kami ingin mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran murid-murid yang menggunakan kurikulum 2013 dan 2006 .

B.     TUJUAN
1.      Untuk mengetahui cara guru mengajar siswa yang menerapkan kurikulum 2006.
2.      Untuk mengetahui cara guru mengajar yang menerapkan kurikulum 2013.





BAB II
PELAKSANAAN
A.    PENYAJIAN HASIL OBSERVASI

Pelaksanaan Pembelajaran Nuansa Kurikulum 2006

1.      Nama Guru                       : Muryanti, S.Pd
2.      NIP                                   : 196102181980122004
3.      Tempat Mengajar              : Sekolah Dasar Negeri 28 Pontianak Utara
4.      Kelas                                 : VI
5.      Mata Pelajaran                  : Matematika
6.      Materi Pelajaran                : Bangun ruang, Prisma Segitiga
7.      Waktu                               : 2 X 35 menit
8.      Hari/Tanggal                     : Kamis/ 10 – 10 – 2013

No
ASPEK YANG DIAMATI
CATATAN KOMENTAR



I
PRA PEMBELAJARAN

1.
Kesiapan ruang, alat, dan media pembelajaran
Ya, ruang cukup rapi, alat dan media lengkap
2.
Memeriksa kesiapan siswa
Ya



II
MEMBUKA PEMBELAJARAN

1.
Melakukan kegiatan apersepsi
Ya, berdoa, mengecek kehadiran siswa, menginformasikan tujuan pembelajaran.
2.
Menyampaikan kompetensi ( tujuan ) yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
Ya



III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pelajaran

1.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
Ya
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
Tidak
3.
Menyampaikan materi sesuai dengan hierarki belajar
Ya
4.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
Tidak






B.
Pendekatan / strategi pembelajaran

1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi ( tujuan ) yang akan dicapai.
Ya
2.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
Ya
3.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
Ya
4.
Menguasai kelas
Ya,
5.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
Ya
6.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
Ya, siswa diajarkan untuk mengerjakan tugas sendiri dan dilarang mencontek.
7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang dialokasikan
Ya, yaitu 2 x 35 menit



C.
Pemanfaatan media pembelajaran / sumber belajar

1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media.
Ya
2.
Menghasilkan pesan yang menarik
Tidak
3.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
Ya
4.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media.
Ya



D.
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
Ya, siswa disuruh untuk mengajukan pertanyaan, mengenai hal yang belum dipahami.
2.
Merespon positif partisipasi siswa
Ya
3.
Memfasilitasi terjadinya interaksi guru, siswa, dan sumber belajar
Ya
4.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
Ya
5.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
Ya
6.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
Ya



E.
Kemampuan khusus pembelajaran matematika

1.
Mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dan menerapkannya dalam kejadian sehari-hari
Pemecahan masalah cukup baik,
2.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi atau menyampaikan informasi ( lisan atau tulisan ) melalui symbol, bilangan, diagram, grafik, dan lain-lain
Ya
F.
Penilaian proses dan hasil belajar

1.
Memantau kemajuan belajar
Ya
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi ( tujuan ) pembelajaran
Ya
G.
Penggunaan bahasa

1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancer
Ya
2.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
Ya
3.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
Ya



IV.
PENUTUP

1.
Melakukan refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa
Ya
2.
Menyusun rangkuman dengan melibatkan siswa
Ya
3.
Melaksanakan tindak lanjut
Ya,




Pelaksanaan Pembelajaran Nuansa Kurikulum 2013
1.      Nama Guru                 : Neni Kurniasari, S.Pd
2.      NIP                             : 197907172005022004
3.      Tempat Mengajar        : Sekolah Dasar Negeri 28 Pontianak Utara
4.      Kelas                           : IV
5.      Tema                           : Peduli terhadap makhluk hidup
6.      Subtema                      : Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku
7.      Pembelajaran ke          : 4
8.      Alokasi Waktu            : 3 x 60 menit
9.      Hari/Tanggal               : Jumat / 11-10-2013

No
ASPEK YANG DIAMATI
CATATAN KOMENTAR

Kegiatan Pendahuluan / Apersepsi dan Motivasi

1.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya
Ya, dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik , mengenai pembelajaran sebelumnya, yaitu mengenai tumbuhan
2.
Mengajukan pertanyaan menantang
Ya, murid disuruh untuk menjawab pertanyaan , tentang tumbuhan
3.
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
Ya, yaitu menjelaskan manfaat kita untuk menjaga lingkungan
4.
Mendemonstrasikan sesuatu terkait dengan tema
Ya, memperlihatkan bunga kepada murid




Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan

1.
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik
Tidak ada
2.
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi
Ya, berupa diskusi kelompok




Kegiatan Inti/ Penguasaan Materi Pelajaran

1.
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran
baik
2.
Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan , perkembangan iptek, dan kehidupan nyata
Ya
3.
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat
Ya
4.
Menyajikan materi secara sistematis ( mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak )
Ya

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik

1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan di capai
Ya
2.
Memfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
Ya
3.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
Ya
4.
Menguasai kelas
Ya, murid memperhatikan yang dijelaskan oleh guru
5.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
Ya
6.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
Ya, yaitu murid disuruh untuk menjaga lingkungan
7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
 Ya, yaitu selama 3 x 60 menit

Penerapan Pendekatan Scientific

1.
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana
Ya, mengajukan pertanyaan mengapa kita harus menjaga lingkungan dan bagaimana cara merawat nya
2.
Memancing peserta didik untuk bertanya
Ya, dengan menunjukkan suatu gambar
3.
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba
Ya, murid disuruh maju kedepan dan menulis jawaban dari pertanyaan
4.
Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati
Ya, dengan menggunakan objek berupa bunga
5.
Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis
Ya, memperlihatkan objek dan mejelaskan fungsinya
6.
Memberikan pertanyaan-pertanyaan peserta didik untuk menalar ( proses berpikir yang logis dan sistematis )
Ya, memberikan pertanyaan mengenai  sayuran dan memberikan penjelesannya
7.
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi
Ya, dengan memberikan pertanyaan kepada murid

Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu

1.
Menyajikan pembelajaran sesuai tema
Ya, memberikan pembelajaran mengenai hewan, tumbuhan dan lingkungan
2.
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai mata pelajaran dalam satuan PBM meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes
Ya, terdapat unsure pkn,penjasorkes,bahasa Indonesia, matematika, senibudaya dan penjasorkes.
3.
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu
Ya
4.
Menyajikan Pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan
Ya, murid sangat antusias dengan apa yang diberikan oleh guru

Pemanfaatan sumber Belajar / Media dalam Pembelajaran

1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran
Ya
2.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
Ya, menggunakan berbagai media
3.
Menghasilkan pesan yang menarik
Ya
4.
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran
Ya
5.
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
Ya




Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran

1.
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
Ya
2.
Merespon positif partisipasi peserta didik
Ya, murid yang bertanya diberikan bintang oleh guru
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik
Ya, adanya kebebasan berpendapat
4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
Tidak, ada murid yang bertengkar, sehingga guru menengahi
5.
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
Ya, murid terlihat senang dengan apayang disampaikan oleh guru

Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran

1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancer
Ya
2.
Mengggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
Ya

Menutup Pembelajaran

1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik
Ya
2.
Memberikan tes lisan atau tertulis
Ya, memberikan tes tertulisberupa soal dan lisan berupa pertanyaan
3.
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio
Ya, murid mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru
4.
Melaksanakan tindak lanjut dalam memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
Ya,guru mengoreksi tugas yang diberikan kepada murid





B.     PEMBAHASAN

Pada saat mengamati guru yang mengajar dengan menggunakan kurikulum 2006, terlihat respon dari murid-murid kurang, mungkin karena proses pembelajaran lebih banyak kepada teori disbanding praktek, sehingga murid-murid bosan dengan suasana belajar yang demikian. Selain itu kurikulum 2006 tidak menganjurkan guru untuk menanyakan mengenai pembelajaran yang sudah didapatnya. Hal ini, akan mengakibatkan murid cenderung untuk tidak mengulangi pelajaran yang sudah didapat nya di sekolah.
Selain itu, kegiatan didalam kurikulum 2006, cenderung terpaku pada satu aspek pengetahuan sehingga sulit untuk menjelaskan dan mengaitkan pengetahuan tersebut dengan pengetahuan yang lain.
Kurikulum 2013 lebih mementingkan ke aspek sikap dan tingkah laku peserta didik serta interaksi timbal-balik antara muri dengan guru ataupun murid dengan murid yang lain, sehingga peserta didik lebih berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Saat ini moral anak-anak Indonesia cenderung merosot, hal inilah yang membuat kurikulum 2013 dibuat, karena didalamnya tidak hanya terdapat mengenai ilmu pengetahuan saja , melainkan juga mengenai moral , sikap dan perilaku peserta didik, sehingga peserta didik tidak hanya pintar dalam ilmu pengetahuan melainkan juga pintar dalam sikap dan perilakunya.
Kurikulum 2013 memadukan antara satu disiplin ilu dengan disiplin ilmu lainnya, sehingga wawasan murid tidak hanya terbatas pada satu didiplin ilmu, melainkan lebih luas. Sehingga, penyampaian materi dari guru ke peserta didik lebih mudah.
Pada kurikulum 2013, murid cenderung terlihat lebih fokus dan mengamati mengenai penjelasan yang diberikan oleh gurunya, hal ini terlihat dengan adanya respon dari murid ketika guru mengajukan pertanyaan. Murid pun terlihat tidak bosan dengan suasana belajar yang demikian . Ini memungkinkan murid dapat menerima pengetahuan yang dismpaikan oleh gurunya dengan baik.












BAB III
                                                                    PENUTUP
A.    KESIMPULAN  

            Menurut kami, kurikulum 2013 cenderung lebih efektif diterapkan di Indonesia, melihat merosotnya nilai moral anak-anak Indonesia saat ini. Kurikulum 2013 juga cenderung menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien, karena murid lah yang dituntut untuk lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar, agar ilmu dapat diserap dengan baik oleh peserta didik.

B.     SARAN
           

            Guru jangan terfokus pada buku saja , melainkan langsung ke contoh nyata, sehingga murid Sekolah Dasar dapat lebih mudah untuk memahami penjelasan yang disampaikan gurunya. Hal ini karena, anak Sekolah Dasar pemikirannya cenderung ke hal-hal yang konkrit, dan agak sulit untuk memahami hal-hal yang bersifat abstrak.

0 komentar:

Posting Komentar