BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Observasi adalah kegiatan pengamatan
yang dilakukan dengan melihat secara langsung objek maupun sesuatu yang ingin
diamati. Observasi dilakukan dengan cara mendatangi lokasi tempat objek atau
sesuatu yang ingin diamati tersebut berada. Observasi yang kami lakukan yaitu
mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Sekolah yang
menjadi tujuan kami untuk melakukan kegiatan ini yaitu Sekolah Dasar Negeri 28
Pontianak Utara. Di Sekolah tersebut menerapkan dua buah kurikulum, yaitu
kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang
diterapkan di Indonesia pada tahun 2013 dan SD Negeri 28 menjadi salah satu sekolah
yang mendapatkan kesempatan untuk menerapkan kurikulum baru ini.
Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum
2006, kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran kepada peserta didik melalui
kegiatan tematik, sehingga pada kurikulum 2013 ini, guru dianjurkan untuk
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan memadukan beberapa disiplin
ilmu, sehingga didalam kegiatan belajar-mengajar ini siswa mendapatkan
pengetahuan tidak hanya dari satu disiplin ilmu tetapi dari beberapa disiplin
ilmu.
Sedangkan kurikulum 2006 menerapkan sistem
pembelajaran dimana anak-anak hanya mendapatkan pengetahuan dari satu disiplin
ilmu saja. Jadi , hal inilah yang membuat kami melakukan kegiatan observasi ,
karena kami ingin mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran murid-murid yang
menggunakan kurikulum 2013 dan 2006 .
B.
TUJUAN
1. Untuk
mengetahui cara guru mengajar siswa yang menerapkan kurikulum 2006.
2. Untuk
mengetahui cara guru mengajar yang menerapkan kurikulum 2013.
BAB
II
PELAKSANAAN
A.
PENYAJIAN
HASIL OBSERVASI
Pelaksanaan
Pembelajaran Nuansa Kurikulum 2006
1. Nama
Guru : Muryanti,
S.Pd
2. NIP :
196102181980122004
3. Tempat
Mengajar : Sekolah Dasar
Negeri 28 Pontianak Utara
4. Kelas : VI
5. Mata
Pelajaran : Matematika
6. Materi
Pelajaran : Bangun ruang,
Prisma Segitiga
7. Waktu : 2 X 35 menit
8. Hari/Tanggal : Kamis/ 10 – 10 – 2013
No
|
ASPEK YANG
DIAMATI
|
CATATAN
KOMENTAR
|
|
|
|
I
|
PRA
PEMBELAJARAN
|
|
1.
|
Kesiapan
ruang, alat, dan media pembelajaran
|
Ya,
ruang cukup rapi, alat dan media lengkap
|
2.
|
Memeriksa
kesiapan siswa
|
Ya
|
|
|
|
II
|
MEMBUKA
PEMBELAJARAN
|
|
1.
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
Ya,
berdoa, mengecek kehadiran siswa, menginformasikan tujuan pembelajaran.
|
2.
|
Menyampaikan
kompetensi ( tujuan ) yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
|
Ya
|
|
|
|
III
|
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN
|
|
A.
|
Penguasaan
materi pelajaran
|
|
1.
|
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran
|
Ya
|
2.
|
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
Tidak
|
3.
|
Menyampaikan
materi sesuai dengan hierarki belajar
|
Ya
|
4.
|
Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
Pendekatan /
strategi pembelajaran
|
|
1.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi ( tujuan ) yang akan dicapai.
|
Ya
|
2.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
|
Ya
|
3.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
Ya
|
4.
|
Menguasai
kelas
|
Ya,
|
5.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
Ya
|
6.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
Ya,
siswa diajarkan untuk mengerjakan tugas sendiri dan dilarang mencontek.
|
7.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan waktu yang dialokasikan
|
Ya,
yaitu 2 x 35 menit
|
|
|
|
C.
|
Pemanfaatan
media pembelajaran / sumber belajar
|
|
1.
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media.
|
Ya
|
2.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
Tidak
|
3.
|
Menggunakan
media secara efektif dan efisien
|
Ya
|
4.
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media.
|
Ya
|
|
|
|
D.
|
Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
1.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
Ya,
siswa disuruh untuk mengajukan pertanyaan, mengenai hal yang belum dipahami.
|
2.
|
Merespon
positif partisipasi siswa
|
Ya
|
3.
|
Memfasilitasi
terjadinya interaksi guru, siswa, dan sumber belajar
|
Ya
|
4.
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
Ya
|
5.
|
Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif
|
Ya
|
6.
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
Ya
|
|
|
|
E.
|
Kemampuan
khusus pembelajaran matematika
|
|
1.
|
Mengembangkan
keterampilan dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dan
menerapkannya dalam kejadian sehari-hari
|
Pemecahan
masalah cukup baik,
|
2.
|
Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi atau menyampaikan informasi ( lisan atau tulisan )
melalui symbol, bilangan, diagram, grafik, dan lain-lain
|
Ya
|
F.
|
Penilaian
proses dan hasil belajar
|
|
1.
|
Memantau
kemajuan belajar
|
Ya
|
2.
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi ( tujuan ) pembelajaran
|
Ya
|
G.
|
Penggunaan
bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancer
|
Ya
|
2.
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
Ya
|
3.
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
Ya
|
|
|
|
IV.
|
PENUTUP
|
|
1.
|
Melakukan
refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa
|
Ya
|
2.
|
Menyusun
rangkuman dengan melibatkan siswa
|
Ya
|
3.
|
Melaksanakan
tindak lanjut
|
Ya,
|
|
|
|
Pelaksanaan
Pembelajaran Nuansa Kurikulum 2013
1.
Nama Guru : Neni Kurniasari, S.Pd
2.
NIP :
197907172005022004
3.
Tempat Mengajar : Sekolah Dasar Negeri 28 Pontianak Utara
4.
Kelas :
IV
5.
Tema :
Peduli terhadap makhluk hidup
6.
Subtema :
Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku
7.
Pembelajaran ke : 4
8.
Alokasi Waktu : 3 x 60 menit
9.
Hari/Tanggal : Jumat / 11-10-2013
No
|
ASPEK YANG
DIAMATI
|
CATATAN
KOMENTAR
|
|
Kegiatan
Pendahuluan / Apersepsi dan Motivasi
|
|
1.
|
Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya
|
Ya,
dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik , mengenai pembelajaran
sebelumnya, yaitu mengenai tumbuhan
|
2.
|
Mengajukan
pertanyaan menantang
|
Ya,
murid disuruh untuk menjawab pertanyaan , tentang tumbuhan
|
3.
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran
|
Ya,
yaitu menjelaskan manfaat kita untuk menjaga lingkungan
|
4.
|
Mendemonstrasikan
sesuatu terkait dengan tema
|
Ya,
memperlihatkan bunga kepada murid
|
|
|
|
|
Penyampaian
Kompetensi dan Rencana Kegiatan
|
|
1.
|
Menyampaikan
kemampuan yang akan dicapai peserta didik
|
Tidak
ada
|
2.
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi
|
Ya,
berupa diskusi kelompok
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti/
Penguasaan Materi Pelajaran
|
|
1.
|
Kemampuan
menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran
|
baik
|
2.
|
Kemampuan
mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan , perkembangan iptek,
dan kehidupan nyata
|
Ya
|
3.
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran dengan tepat
|
Ya
|
4.
|
Menyajikan
materi secara sistematis ( mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak )
|
Ya
|
|
Penerapan
Strategi Pembelajaran yang Mendidik
|
|
1.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan di capai
|
Ya
|
2.
|
Memfasilitasi
kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
|
Ya
|
3.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
Ya
|
4.
|
Menguasai
kelas
|
Ya,
murid memperhatikan yang dijelaskan oleh guru
|
5.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
Ya
|
6.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
Ya,
yaitu murid disuruh untuk menjaga lingkungan
|
7.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
Ya, yaitu selama 3 x 60 menit
|
|
Penerapan
Pendekatan Scientific
|
|
1.
|
Memberikan
pertanyaan mengapa dan bagaimana
|
Ya,
mengajukan pertanyaan mengapa kita harus menjaga lingkungan dan bagaimana
cara merawat nya
|
2.
|
Memancing
peserta didik untuk bertanya
|
Ya,
dengan menunjukkan suatu gambar
|
3.
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mencoba
|
Ya,
murid disuruh maju kedepan dan menulis jawaban dari pertanyaan
|
4.
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati
|
Ya,
dengan menggunakan objek berupa bunga
|
5.
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk menganalisis
|
Ya,
memperlihatkan objek dan mejelaskan fungsinya
|
6.
|
Memberikan
pertanyaan-pertanyaan peserta didik untuk menalar ( proses berpikir yang
logis dan sistematis )
|
Ya,
memberikan pertanyaan mengenai sayuran
dan memberikan penjelesannya
|
7.
|
Menyajikan
kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi
|
Ya,
dengan memberikan pertanyaan kepada murid
|
|
Penerapan Pembelajaran
Tematik Terpadu
|
|
1.
|
Menyajikan
pembelajaran sesuai tema
|
Ya,
memberikan pembelajaran mengenai hewan, tumbuhan dan lingkungan
|
2.
|
Menyajikan
pembelajaran dengan memadukan berbagai mata pelajaran dalam satuan PBM
meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta
Penjasorkes
|
Ya,
terdapat unsure pkn,penjasorkes,bahasa Indonesia, matematika, senibudaya dan
penjasorkes.
|
3.
|
Menyajikan
pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu
|
Ya
|
4.
|
Menyajikan
Pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan
|
Ya,
murid sangat antusias dengan apa yang diberikan oleh guru
|
|
Pemanfaatan
sumber Belajar / Media dalam Pembelajaran
|
|
1.
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran
|
Ya
|
2.
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
|
Ya,
menggunakan berbagai media
|
3.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
Ya
|
4.
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran
|
Ya
|
5.
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
Ya
|
|
|
|
|
Pelibatan
Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
|
1.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber
belajar
|
Ya
|
2.
|
Merespon
positif partisipasi peserta didik
|
Ya,
murid yang bertanya diberikan bintang oleh guru
|
3.
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon peserta didik
|
Ya,
adanya kebebasan berpendapat
|
4.
|
Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif
|
Tidak,
ada murid yang bertengkar, sehingga guru menengahi
|
5.
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
Ya,
murid terlihat senang dengan apayang disampaikan oleh guru
|
|
Penggunaan
Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
|
|
1.
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancer
|
Ya
|
2.
|
Mengggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
Ya
|
|
Menutup
Pembelajaran
|
|
1.
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik
|
Ya
|
2.
|
Memberikan
tes lisan atau tertulis
|
Ya,
memberikan tes tertulisberupa soal dan lisan berupa pertanyaan
|
3.
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio
|
Ya,
murid mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru
|
4.
|
Melaksanakan
tindak lanjut dalam memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
|
Ya,guru
mengoreksi tugas yang diberikan kepada murid
|
|
|
|
B. PEMBAHASAN
Pada
saat mengamati guru yang mengajar dengan menggunakan kurikulum 2006, terlihat
respon dari murid-murid kurang, mungkin karena proses pembelajaran lebih banyak
kepada teori disbanding praktek, sehingga murid-murid bosan dengan suasana
belajar yang demikian. Selain itu kurikulum 2006 tidak menganjurkan guru untuk
menanyakan mengenai pembelajaran yang sudah didapatnya. Hal ini, akan
mengakibatkan murid cenderung untuk tidak mengulangi pelajaran yang sudah
didapat nya di sekolah.
Selain
itu, kegiatan didalam kurikulum 2006, cenderung terpaku pada satu aspek
pengetahuan sehingga sulit untuk menjelaskan dan mengaitkan pengetahuan
tersebut dengan pengetahuan yang lain.
Kurikulum
2013 lebih mementingkan ke aspek sikap dan tingkah laku peserta didik serta
interaksi timbal-balik antara muri dengan guru ataupun murid dengan murid yang
lain, sehingga peserta didik lebih berperan aktif dalam kegiatan belajar
mengajar. Saat ini moral anak-anak Indonesia cenderung merosot, hal inilah yang
membuat kurikulum 2013 dibuat, karena didalamnya tidak hanya terdapat mengenai
ilmu pengetahuan saja , melainkan juga mengenai moral , sikap dan perilaku
peserta didik, sehingga peserta didik tidak hanya pintar dalam ilmu pengetahuan
melainkan juga pintar dalam sikap dan perilakunya.
Kurikulum
2013 memadukan antara satu disiplin ilu dengan disiplin ilmu lainnya, sehingga
wawasan murid tidak hanya terbatas pada satu didiplin ilmu, melainkan lebih
luas. Sehingga, penyampaian materi dari guru ke peserta didik lebih mudah.
Pada
kurikulum 2013, murid cenderung terlihat lebih fokus dan mengamati mengenai
penjelasan yang diberikan oleh gurunya, hal ini terlihat dengan adanya respon
dari murid ketika guru mengajukan pertanyaan. Murid pun terlihat tidak bosan
dengan suasana belajar yang demikian . Ini memungkinkan murid dapat menerima
pengetahuan yang dismpaikan oleh gurunya dengan baik.
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Menurut kami,
kurikulum 2013 cenderung lebih efektif diterapkan di Indonesia, melihat
merosotnya nilai moral anak-anak Indonesia saat ini. Kurikulum 2013 juga
cenderung menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien, karena murid
lah yang dituntut untuk lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar,
agar ilmu dapat diserap dengan baik oleh peserta didik.
B.
SARAN
Guru jangan
terfokus pada buku saja , melainkan langsung ke contoh nyata, sehingga murid
Sekolah Dasar dapat lebih mudah untuk memahami penjelasan yang disampaikan
gurunya. Hal ini karena, anak Sekolah Dasar pemikirannya cenderung ke hal-hal
yang konkrit, dan agak sulit untuk memahami hal-hal yang bersifat abstrak.
0 komentar:
Posting Komentar